8 Cara Ampuh Mengatasi Ayam Aduan Lumpuh Setelah Bertarung

8-Cara-Ampuh-Mengatasi-Ayam-Aduan-Lumpuh-Setelah-Bertarung

 

Agen Sabung Ayam Online – 8 Cara Ampuh Mengatasi Ayam Aduan Lumpuh Setelah Bertarung. Pernahkah Anda menjumpai ayam aduan yang tiba – tiba lumpuh dan tak berdaya? Ayam itu lemas, sayapnya lemas, ekornya terlihat turun, bahkan untuk berdiri saja sangat sulit. Lumpuh pada ayam aduan atau yang sering disebut turun urat ini bisa disebabkan karena beberapa hal.

Ternyata penyebab ayam lumpuh sangat beragam, di antaranya adalah seperti di bawah ini:

• Setelah diadu / abar, ayam langsung dimasukkan ke kandang box. Seharusnya setelah diadu, ayam bangkok aduan di umbar dahulu untuk membuat peredaran darahnya menjadi lancar.
• Ayam aduan terkena pukulan telak lawannya di bagian vital. Dampaknya bisa langsung terasa saat itu juga, tetapi ada juga yang baru akan terasa setelah beberapa hari kemudian.
• Ketika bertarung, ayam aduan Anda memukul benda – benda yang keras, misalnya kayu atau batu.
• Ayam bangkok aduan dipaksa bertarung ketika umurnya masih belum cukup / terlalu muda atau juga ditarungkan dengan ayam lain yang umurnya jauh lebih tua. Walaupun ayam aduan muda memiliki pukulan yang tetapi tetap kalah dengan ayam aduan yang lebih tua umurnya. Itu karena ayam aduan ayang lebih tua memiliki segudang pengalaman untuk memukul bagian tubuh yang vital.
• Ayam aduan ditarungkan tanpa persiapan matang / ayam laga belum siap tarung tetapi tetap ditarungkan.
• Ayam aduan terlalu sering di adu tetapi nutrisi dan sumber energinya tak tercukupi.
• Ayam aduan bisa kram, terkilir, atau apapun sehingga otot ayam berkontraksi terlalu keras sehingga menyebabkan kaki, sayap, atau bagian lainya menjadi sulit untuk digerakkan.

Cara Tepat Menanganinya

Langkah pertama untuk menangani ayam lumpuh adalah dengan memisahkan ayam aduan lumpuh dengan ayam lainnya. Usahakan agar kandang ayam itu dalam keadaan hangat. Berikut ini beberapa cara tepat mengatasi ayam bangkok aduan lumpuh yang telah dikarantina :

1. Asupan pakan ayam aduan haruslah benar – benar diperhatikan. Ayam yang laga lumpuh biasanya malas untuk makan dan minum. Karena itu sebagai pemilik, penghobi ayam harus menyuapinya sehingga kondisi perutnya tidak kosong.

2. Berikan banyak air minum secara terus-menerus tanpa dibatasi. Ayam yang menahan rasa sakit akan sangat memerlukan banyak asupan air mineral. Tanpa disuruh, ayam aduan yang lumpuh akan minum dengan lahapnya ketika ia menahan rasa sakit di bagian tubuhnya.

3. Diboboki atau diloloh daun kemangi yang dicampur dengan ragi tape.

4. Berikan obat tradisional. Cara membuatnya adalah sediakan jahe, cabe merah, dan bawang merah dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Semua bahan itu ditumbuk halus kemudian berikan ayam dengan ramuan tersebut. Lakukan sehari sekali ketika malam hari. Jika pada pagi hari belum terlihat perubahan pada ayam, lakukan terus secara berulang – ulang sampai ayam sembuh total.

Baca Juga :

5. Berikan multivitamin. Selain diberikan obat tradisional, ada baiknya ayam aduan yang lumpuh diberikan multivitamin khusus. Multivitamin sangat penting diberikan untuk menjaga tubuh ayam yang melemah karena malas makan. Merk multivitamin yang banyak dianjurkan untuk obat ayam lumpuh oleh para botoh ialah multivitamin Becomp Plus atau Jalu Aji Ginseng Plus. Obat itu mampu membantu memperbaiki jaringan saraf yang rusak, sakit, terkilir serta bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh ayam supaya selalu prima.

6. Pemberian Daun Serai. Daun serai dapat membantu menormalkan kesalahan yang ada di struktur urat ayam. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan daun serai yang telah ditumbuk pada bagian tubuh ayam yang terlihat sakit. Penempelannya dilakukan dengan kain perban selama 1 hari dan harus selalu diganti dengan daun serai yang baru. Ulangi langkah itu sampai sembuh.

7. Memijat bagian tubuh ayam aduan yang sakit dengan salep / minyak tawon , terutama jika pengobatan menggunakan daun serai tak dilakukan. Hindari memandikan / menjemur ayam aduan sampai kondisi ayam yang lumpuh benar – benar pulih. Usahakan kandang ayam aduan selalu dalam keadaan hangat pada malam hari. Caranya dengan menggunakan kelambu kandang di bagian luar dengan kain rapat. Berikan juga obat penambah darah sebanyak 1 tablet setiap 2 hari sekali supaya tubuhnya tetap fit. Obat penambah darah yang dapat diberikan contohnya Sangobion. Lalu berikan pula bawang merah 1 siung setiap pagi untuk menambah nafsu makan ayam yang lumpuh.

8. Jika ayam aduan sudah terlihat membaik, hentikan pemberian obat lalu jemurlah ayam aduan yang lumpuh dengan memandikannya menggunakan air hangat terlebih dahulu.

Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam penghobi sabung ayam.

Dapatkan Promo – Promo menarik dari LION303